Membantu Korban Kebakaran Rumah Betang Ulu Banua’ di Dusun Bulan Tinjo Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu

Kondisi Rumah Betang Ulu Banua' yang terbakar

Peristiwa Kebakaran Rumah Betang Ulu Banua’ yang terjadi di RT 03 RW 02 Dusun Bulan Tinjo Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, hari minggu tanggal 10 Desember 2017 sekitar pukul 23.00 WIB. Belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran tersebut, kemungkinan penyebab kebakaran sementara diduga akibat korsleting listrik. Kebakaran ini menyebabkan 19 bilik rumah betang terbakar, 1 rumah dan 2 warung/gudang yang berada didepan rumah betang.

Sampai dengan saat ini sudah banyak Donatur yang memberikan bantuan kepada korban kebakaran Rumah Betang Ulu Banua’ di Siut Melapi seperti dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, SKPD Kapuas Hulu, Swasta maupun perorangan. Bantuan yang diberikan beraneka macam mulai dari uang tunai, pakaian, makanan, peralatan dapur, dan lainnya. Melihat terjadinya peristiwa kebakaran Rumah Betang tersebut Caritas Sintang bekerjasama dengan KARINA KWI juga melakukan respon untuk membantu korban kebakaran tersebut. Pada hari senin tanggal 15 Januari 2018 Caritas Sintang melakukan kajian untuk memperoleh informasi berkaitan dengan kebakaran tersebut dan mencari informasi tentang kebutuhan/keperluan yang mendesak yang dibutuhkan oleh masyarakat korban kebakaran.

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan maka Caritas Sintang memutuskan untuk membantu masyarakat korban kebakaran berupa bantuan untuk pembangunan hunian sementara. Jumlah korban yang akan dibantu sebanyak 20 KK ( 19 orang pemilik bilik rumah betang yang terbakar dan 1 orang yang rumahnya berada didepan rumah betang yang ikut terbakar. Bantuan yang diberikan antara lain seng, alat kerja (palu, gergaji, siku-siku, meteran, pahat), paku (paku seng, paku papan dan paku kasau), engsel pintu, engsel jendela, slot pintu dan slot jendela. Pemberian bantuan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 6 februari 2018 oleh tim Caritas Sintang, Pastor Paroki dan Relawan yang ada di Kapuas Hulu.

Dengan adanya bantuan dari Caritas Sintang dan KARINA KWI masyarakat korban kebakaran merasa senang dan mengucapkan banyak terima kasih karena mereka merasa diperhatikan khususnya dari Keuskupan Sintang. Dengan adanya bantuan ini mereka dapat segera membangun hunian sementara karena saat ini mereka masih menumpang di rumah keluarga dan dalam bulan februari-maret sudah mulai memasuki musim panen padi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *